Selasa, 06 Oktober 2015

Bayam Makanan Favorit Popeye Pengobat Gula Darah

Gula Darah Keluarga - Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau dan dikenal sebagai sayuran yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sayuran favorit kartun Popeye ini memang mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayur bayam maka nutrisi dalam tubuh kita akan memberikan kita banyak perlindungan. Salah satu manfaat yang terkandung dalam bayam yaitu dapat menstabilkan gula darah khususnya penyakit diabetes. Pada artikel ini kita akan membahas tentang alasan mengapa sayur bayam dapat mengontrol gula darah.

Apa saja nutrisi yang terkandung dalam bayam

Manfaat sayur bayam berguna untuk mengembalikan fungsi gula darah. Magnesium ditemukan dalam bayam ternyata membantu mencegah komplikasi saat gula darah tinggi. Apabila pasien Diabetes mengonsumsi rutin sayur bayam maka dapat membantu menstabilkan gula darah, karena manfaat sayur bayam yang sangat baik, maka para penderita gula darah disarankan untuk mengkonsumsinya.
Selain itu sayur bayam juga mengandung folat yang tinggi, sehingga apabila kita rutin mengonsumsi dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Hal ini akan mengurangi risiko penyakit jantung. Sayur ini juga mengandung choline dan inositol, yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah pada tubuh manusia. Meskipun bayam mempunyai banyak kelebihan, ternyata sayur bayam juga memiliki sisi negatifnya.  Bayam juga mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil dalam mencegah diabetes dalam proses kehamilan. Dengan banyak mengkonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.

Pengaruh Cara Pengolahan Budidaya Terhadap Manfaatnya

Manfaat sayur bayam akan berkurang bila sayur bayam ditanam dengan cara penanaman yang kurang baik maka akan menyebabkan kerusakan zat-zat pada sayur bayam tersebut salah satunya ialah zat pestisida yang dapat membuat manfaat sayur bayam menjadi berkurang. Selain itu pada orang yang gula darah, sebab bila kebanyakan zat sayur bayam yang masuk dapat menyebabkan penyakitnya bertambah parah. Namun keseluruhan sayur bayam memang sangat bagus dan jangan pernah bermalas-malasan makan sayur bayam sebab manfaat sayur bayam adalah makan super yang penuh manfaat dan gizi termasuk dalam mengontrol gula darah seseorang.

Cara Pengolahan Sayur Bayam

Sayur bayam akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau, dan yang lagi-lagi beracun. Maka, sayur bayam harus segera dimakan begitu matang. Sayur bayam yang sudah dimasak lebih dari lima jam jangan dimakan lagi. Bayam segar yang baru dicabut mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg per kg.

Bila bayam disimpan di lemari es selama dua minggu, kadar nitrit akan meningkat sampai 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan sebesar 7 persen. Ketika memasak bayam sebaiknya menggunakan panci stanless steel. Jangan mem
asak bayam di panci besi/aluminium karena senyawa ferro tadi akan bereaksi dengan bahan panci besi atau aluminium, kalau sudah begitu maka dapat mengurangi manfaat sayur bayam. Selain bayam, mengkonsumsi sayuran brokoli juga dianjurkan untuk seseorang yang mengalami kenaikan gula darah (diabetes).







dari sekarang membiasakan diri dengan cara yang solid hidup, pekerjaan besar keluar, dan terus makan. Diperbolehkan juga untuk konsumsi herbal. Klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar