Selasa, 06 Oktober 2015

Waspada Penyakit Gula Darah Pada Anak

Gula Darah Keluarga – Dalam beberapa tahun ini penyakit gula darah atau biasa kita sebut dengan penyakit diabetes melitus ternyata juga rentan menyerang anak-anak. Selama ini yang kita tahu bahwa salah satu penyakit gula darah ini sering menyerang para lansia atau parawanita hamil.  Ada beberapa faktor pemicu gula darah yang memicu timbulnya penyakit diabetes seseorang seperti gaya hidup dan juga pola makan yang tidak sehat.
Tingginya asupan gula pada makanan anak-anak  menjadi penyebab utama terjadinya diabetes pada anak. Lembaga kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan agar gula yang diberikan kepada anak tidak lebih dari 10 persen dari total energi yang dikonsumsi. Dengan demikianmengatur gula darah pada anak agar terhindar dari penyakit diabetes maka wajib menjadi perhatian setiap orang tua supaya anaknya tidak mengidap penyakit ini.

Berikut ini beberapa gejala anak terkena diabetes:

  • Sering merasa lapar
    Keadaan seringnya lapar pada anak disebabkan oleh tidak-adanya jumlah insulin yang cukup sehingga gula darah yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa masuk ke dalam sel. Akibatnya, organ akan mengalami kehabisan energi dan memicu rasa lapar yang berlebih.
  • Adanya peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil
    Kondisi demikian terjadi karena kelebihan gula darah anak yang membuat cairan ditarik ke jaringan. Hal tersebut kemungkinan besar akan membuat anak sering merasakan haus. Akibatnya, anak akan banyak minum dan bisa berimplikasi pada intensitas buang kecil yang lebih sering.
  • Mudah lelah dan lesu
    Hal tersebut terjadi karena sel-sel pada anak sangat minim asupan gula.
  • Penglihatannya kabur
    Kalau gula darah anak terlalu tinggi, maka cairan dapat ditarik dari lensa mata sehingga akan menyebabkan kemampuan anak untuk bisa fokus menurun drastis
Hal yang terpenting untuk menjauhkan anak  dari penyakit diabetes ialah pencegahan dan pengendalian. Pada dasarnya, ada banyak cara untuk menjaga supaya anak itu tidak terkena penyakit diabetes yaitu:
  • Berusaha mempertahankan berat badan anak yang sehat dan dianjurkan untuk tidak terlalu gemuk.
  • Dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur atau anak diberikan pengertian untuk aktif secara fisik.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan anak secara rutin untuk mendiagnosa lebih dini kalau anak mengidap suatu penyakit tertentu, termasuk diabetes.
  • Memberikan makanan yang sehat, rendah lemak, dan rendah gula.
  • Memberikan konsumsi buah dan sayur yang cukup karena didalamnya terkandung banyak nutrisi dan antioksidan.
  • Mengurangi makanan yang manis-manis seperti gula dan permen
Dari tips diatas diharapkan orang tua dapat mengawasi kadar gula darah dalam tubuh anak agar dapat meminimalisir kemungkinan anak terkena penyakit diabetes.





Dari kutipan diatas, dapat kita simpulkan. Mulai sekarang membiasakan diri dengan cara yang solid hidup, pekerjaan besar keluar, dan terus makan. Diperbolehkan juga untuk konsumsi herbal. Klik disini.

Lihat Artikel Lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar