Selasa, 06 Oktober 2015

Tips Pola Hidup Yang Baik Untuk Mengatur Gula Darah

Gula Darah KeluargaDalam ilmu kedokteran sebenarnya penyakit yang disebabkan karena kelebihan gula darah atau biasa disebut penyakit diabetes melitus tidak hanya disebabkan karena faktor keturunan tetapi faktor pola hidup yang kurang baik juga sangat berpengaruh dari timbulnya penyakit ini. Berdasarkan data yang terdapat pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penderita penyakit diabetes di Indonesia yang terus bertambah  disebabkan oleh pola hidup tidak baik.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab penyakit diabetes melitus karena pola hidup yang kurang baik antara lain:


  1. Kurang gerak / malas berolahraga
  2. Makan berlebihan
  3. Kurang minum
  4. Stress atau depresi
  5. Kurang tidur
Faktor pola hidup seperti diatas merupakan faktor penyebab meningkatnya kandungan gula darah dalam tubuh terus meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan perubahan pola hidup yang harus dilakukan secara rutin untuk dapat mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh agar selalu dalam keadaan normal. Pengelolaan diabetes melitus umumnya selalu dimulai dengan pengaturan makanan dan latihan jasmani dulu. Apabila dengan pendekatan tersebut belum mencapai hasil maksimal baru diberikan obat – obatan dalam penyembuhan penyakit tersebut.  Tujuan utama pengobatan diabetes adalah mengembalikan konsentrasi gula darah menjadi normal sehingga penyandang diabetes melitus merasa nyaman dan sehat. Berikut adalah Tips bagaimana mengatus pola hidup yang baik untuk mengatur gula darah dalam tubuh:

Bagaimana Tips Mengurangi kandungan Gula Darah Dalam Tubuh?

1. Olahraga rutin
Olahraga yang rutin bagi penderita diabetes melitus dapat memperbaiki kepekaan hormon insulin dalam tubuh sehingga gula darah dalam tubuh menjadi normal. Olahraga rutin juga dapat menurunkan berat badan karena kebiasaan makan yang tidak teratur.
2. Makanan dengan gizi seimbang
Kelebihan gizi terutama makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat dapat menimbulkan kegemukan yang berujung timbulnya diabetes melitus. Mengkonsumsi makanan dengan sumber karbohidrat dan serat seperti buah-buahan yang cukup dapat memperbaiki kadar gula darah dalam tubuh sebagai kebutuhan energi seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
3. Banyak minum
Banyak mengkonsumsi ar putih dapat mencegah terjadinya dehidrasi bagi penderita diabetes. Air berfungsi meringankan kerja ginjal yang berfungsi mengeluarkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh bersama urin. Air juga berfungsi menjaga suhu tubuh dan mencegah gangguan pada pembuluh darah.
4. Istirahat Cukup
Dalam jurnal Diabetes Care, para peneliti dari University of Chicago mengungkapkan penderita diabetes yang memiliki pola tidur yang buruk memiliki kadar gula darah lebih tinggi dan lebih sulit mengendalikan penyakitnya. Para peneliti membandingkan 40 penderita diabetes melitus dengan 531 orang sehat. Para peneliti ingin mengetahui kaitan potensial antara kualitas tidur, kadar gula darah dan penanda lain yang menunjukkan diabtes terkontrol. Tim peneliti menemukan orang yang diabetes yang mengalami gangguan tidur memiliki kadar gula darah puasa 23 persen lebih tinggi, kadar insulin puasa 48 persen lebih tinggi dan resistensi insulin 82 persen lebih tinggi dibanding dengan orang yang diabetes namun pola tidurnya normal. Oleh sebab itu istirahat yang cukup dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh bagi penderita diabetes melitus. 
Tips – Tips diatas merupakan beberapa langkah dalam menjaga pola hidup sehat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh terutama bagi penderita diabetes melitus. Jika tips – tips tersebut dilakukan secara teratur kadar gula darah dalam tubuh bisa mengalami penurunaan sehingga para penderita diabetes melitus dapat menjalani aktivitas sehari – hari dengan nyaman.





Dari kutipan diatas, dapat kita simpulkan. Mulai sekarang membiasakan diri dengan cara yang solid hidup, pekerjaan besar keluar, dan terus makan. Diperbolehkan juga untuk konsumsi herbal. Klik disini.

Lihat Artikel Lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar