Selasa, 06 Oktober 2015

Jenis Sayuran Penurun Kadar Gula Darah

Gula Darah Keluaarga - Kita tahu bahwa kadar gula darah berlebih dalam tubuh kita dapat menyebabkan penyakit diabetes. Penderita diabetes atau kencing manis dituntut untuk bisa mengatur pola makannya sebaik mungkin, baik dari segi jumlah, jadwal, maupun jenis makanannya.  Makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula darah berlebih. Ketika gula darah meningkat di dalam tubuh maka tubuh akan melepas insulin yang membantu mengubah gula dalam darah lalu dimasukkan dalam sel tubuh yang dapat menjadi sumber energi tubuh. Perlu kita tahu bahwa manfaat sayuran bagi tubuh kita sangat banyak.
Para penderita diabetes seperti pada anak dan ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengikuti tips-tips dalam mengatasi gula darah. Beberapa sayuran yang dapat menurunkan  gula darah yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang mengandung banyak serat untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh:

1. Wortel
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung lutein atau semacam karetoneid yang sangat baik untuk mata. Terkait dengan fungsi mata, perlu diingat bahwa penderita diabetes sangat rentan sekali dengan gangguan penglihatan. Hal ini akibat tingginya kadar gula darah menghambat aliran darah hingga penyempitan pembuluh darah. Jika kadar gula darah dibiarkan terus meningkat maka gangguan penglihatan yang ditimbulkan akan semakin parah. Oleh karena itu mengkonsumsi wortel sangat dianjurkan untuk mengembalikan kembali fungsi mata akibat kadar gula darah berlebih dalam tubuh.
2.  Bayam
Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran berdaun hijau lainnya mengalami penurunan risiko hingga 14% dibandingkan mereka yang hanya makan ½ porsi per hari. Pasalnya, sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.
3. Brokoli 
Perlu kita tahu bahwa brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita gula darah karena banyak mengandung kromium. Kromium akan sangat bermanfaat untuk mengatur insulin dan juga gula darah. Diharapkan dengan mengkonsumsi brokoli dapat meningkatkan kembali fungsi insulin sehingga nantinya kadar gula darah penderita diabetes kembali mendekati normal. Studi oleh Warwick University yang dimuat dalam jurnal “Diabetes” melaporkan bahwa brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu memperbaiki dan melindungi melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

4.Tomat

Salah satu penelitian di Australia melaporkan bahwa konsumsi jus tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Penggumpalan darah ini dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa. Tomat pun kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan penting lainnya. Tomat juga mengandung likopen dan lutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.






Dari kutipan diatas, dapat kita simpulkan. Mulai sekarang membiasakan diri dengan cara yang solid hidup, pekerjaan besar keluar, dan terus makan. Diperbolehkan juga untuk konsumsi herbal. Klik disini.

Lihat Artikel Lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar