Selasa, 06 Oktober 2015

Kayu Manis Rempahan Yang Menurunkan Gula Darah

Gula Darah Keluarga Pada artikel sebelumnya telah kita bahas tentan khasiat daun salam dan jahe sebagai bumbu dapur sekaligus obat herbal penurun gula darah. Ternyata tidak ada hentinya jika kita membahas tentang rahasia dibalik manfaat  rempah – rempah yang berkhasiat bagi kesehatan kita. Selain jahe dan daun salam, ternyata terdapat rempah rempah yang terbukti ampuh menurunkan gula darah pada penderita diabetes yaitu kayu manis. Sesuai dengan namanya, bumbu dapur ini memiliki rasa yang manis dan baunya yang wangi. Selain digunakan sebagai bumbu masak, kayu manis juga banyak dimanfaatkan untuk bahan pelengkap untuk membuat kue ataupun minuman.




Bahkan, saat ini minuman kayu manis banyak diminati karena rasanya yang enak dan khas.  Banyak ahli yang mendukung pernyataan bahwa kayu manis bermanfaat menurunkan kadar gula darah dan menurunkan kadar kolestrol jahat.

Khasiat yang terkandung dalam kayu manis

Kayu manis mengandung antimikroba yang kuat, anti inflamasi, anti-infeksi dan anticlotting (mencegah pembekuan darah). Kayu manis juga sebagai sumber yang potensial untuk antioksidal, polifenol dan mineral seperti kalsium, mangan, zat besi dan serat makanan – semua zat gizi penting yang membantu menjaga tubuh sehat. Selain itu, itu adalah sumber alami dari gula, karbohidrat, asam lemak dan asam amino.
Penelitian Membuktikan Tentang Khasiat Kayu Manis Menurunkan Gula Darah
Salah satu penelitian yang mendukung adalah penelitian yang dilakukan Dr. Richard Anderson dan koleganya untuk menguji efek kayu manis terhadap kadar gula darah, total kolesterol, trigliserida, HDL kolesterol, dan LDL kolesterol. Penelitian ini melibatkan 60 orang penderita diabetes tipe 2 yang terdiri dari 30 pria dan 30 wanita berusia rata-rata 50 tahun ke atas. Mereka dibagi menjadi 6 kelompok yang dipilih acak.
Kelompok pertama mengonsumsi 1 gram kayu manis per hari, kelompok kedua mengonsumsi 3 gram, dan kelompok ketiga mengonsumsi 6 gram kayu manis per hari. Kelompok 3, 4, dan 5 mengonsumsi kapsul plasebo dengan jumlah yang sama dengan konsumsi kayu manis pada kelompok 1,2, dan 3. Setelah 40 hari, kelompok yang mengonsumsi kayu manis turun kadar gula darah sebesar 18-29%, trigliserida 23-30%, kolesterol LDL 7-27%.
Ini berarti mengonsumsi kayu manis 1, 3, 6 gam  per hari bagi penderita gula darah tinggi atau diabetes melitus tipe 2 dapat menurunkan kadar gula darah dan resiko komplikasi gula darah tinggi yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung. Sedangkan kapsul plasebo tidak memiliki efek apapun terhadap kadar gula darah dan total kolesterol maupun LDL kolesterol. Banyak penderita gula darah tinggi yang telah mencoba untuk menambahkan setengah sendok teh kayu manis dalam teh saat sarapan selama beberapa bulan dan mendapati bahwa kadar gula darah mereka turun. kayu manis hanya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Perlu diingat bahwa ibu hamil juga harus hati – hati dalam mengkonsumsi kayu manis. Untuk mencegah gula darah pada ibu hamil bisa dilakukan untuk mengikuti tips berikut.
Selain menurunkan gula darah pada penderita diabetes, kandungan yang terdapat pada kayu manis juga mampu melakukan pencegahan terhadap beberapa jenis penyakit. Berikut ini khasiat dari kayu manis lainnya untuk kesehatan:
11.    Meningkatkan fungsi otak
Kayu manis telah terbukti sangat meningkatkan kewaspadaan mental. Aroma wangi dapat meningkatkan proses kognitif dan sangat meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan perhatian, memori pengakuan virtual, memori kerja, dan kecepatan visual-motorik.
22.    Mencegah Penyakit Jantung
Sifat anti-inflamasi juga membantu menyembuhkan peradangan pada jaringan internal dan mengurangi risiko serangan jantung.
33.    Meningkatkan sirkulasi darah
Kayu manis mengandung senyawa yang disebut coumarin yang memiliki sifat pengencer darah yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.
44.    Mengurangi nyeri rematik
Kayu manis telah ditunjukkan dalam studi untuk mengurangi sitokin yang terkait dengan nyeri sakit rematik. Pasien diberikan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis.
55.    Menurunkan kolestrol
Kayu manis dapat secara signifikan mengurangi kadar trigliserida dan LDL “kolesterol jahat” dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Bahan aktif, polimer methylhydroxychalcone dalam kayu manis juga dapat meningkatkan kemampuan sel-sel

Itulah beberapa khasiat dan manfaat kayu manis ntuk kesehatan kita. Sebenarnya untuk menurunkan gula darah pada tubuh kita tidak hanya mengkonsumsi kayu manis, banyak cara dilakukan untuk menjaga kadar gula darah pada tubuh kita aagar tetap stabil salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayuran penurun gula darah.


dari sekarang membiasakan diri dengan cara yang solid hidup, pekerjaan besar keluar, dan terus makan. Diperbolehkan juga untuk konsumsi herbal. Klik disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar