Selasa, 06 Oktober 2015

Pengertian Diabetes

Gula darah KeluargaDiabetes merupakan penyakit kelainan metabolisme yang disebabkan oleh kurangnya hormon insulin dalam tubuh. Seperti yang telah kita ketahui insulin merupakan polipeptida (protein) yang dihasilkan oleh sel beta di dalam kelenjar pangkreas, fungsi utama dari insulin yaitu menjaga keseimbangan glukosa dalam darah dan meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel dalam tubuh. Jadi bila mana didalam tubuh terjadi kekurangan hormon insulin akan mengakibatkan gula (glukosa) yang dikonsumsi oleh tubuh tidak dapat diproses secara sempurna, sehingga penderita mengalami hiperglikemia atau kelebihan gula darah.
Pada penyakit diabetes, kondisi kadar gula darah yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan jangka panjang, disfungsi dan kegagala berbagai organ, terutama mata, ginjal, saraf, jantung dan pembuluh darah. Kondisi yang seperti itulah yang kemudian membuat penderita diabetes menjadi mudah lelah karena sel-sel di dalam tubuh tidak memiliki gula yang cukup untuk dipergunakan sebagai energi dalam melakukan aktivitas sehar-hari. Sebagian orang mengajukan pertanyaan setelah membaca artikel ini “dari mana kita tahu kadar gula dalam tubuh?” dari pertanyaan itu muncullah beberapa jawaban, namun kita ambil salah satu dari banyaknya jawaban dari pertanyaan itu. Sebenarnya banyak sedikitnya glukosa dalam darah dinyatakan dengan level gula darah.


Level Gula Darah


Level gula puasa (saat bangun tidur) sekitar 65-120 mg/dL. Sedangkan untuk level gula ideal yaitu 80-100 mg/dL. Seseorang dikatakan menderita diabetes jika kadar glukosa darah ketika puasa lebih dari 126 mg/dL atau 2 jam setelah pasien meminum larutan glukosa 75 gram menunjukan kadar glukosa lebih dari 200 mg/dL. Diabetes bukanlah suatu penyakit tunggal, melainkan sekelompok penyakit gangguan metabolisme. Penyakit ini dapat menyerang semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan. Diabetes bersifat menahun dan akan diderita seumur hidup (jika tidak segera diobati), seiring waktu diabetes juga disebut sebagai The silent Killer karena penyakit ini dapat membunuh secara diam-diam. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit diabetes dan seringterlambat dalam masalah penanganannya. Akibat dari keterlambatannya itu, penderita diabetes mengalami banyak komplikasi. Sayangnya, komplikasi ini yang tidak disadari oleh penderita diabetes, sepertihalnya cepat haus, lebih sering buang air kecil dan berat badan menurun drastis. Penyakit diabetes ini bukanlah penyakit sembarang, penyakit ini bisa menyerang semua usia dan berbagai kalangan. hal itu dibuktikan berdasarkan pola pertambahan penduduk di tahun 2010, diperkirakan jumlah penderita diabetes sebanyak 306 juta jiwa, di negara-negara ASEAN 19,4 juta pada tahun 2010 dan di Indonesia pada tahun 2000 8,4 juta jiwa dan diperkirakan pada tahun 2030 dapat mencapai 21,3 juta jiwa. dari data tersebut diketahui bahwa indonesia menempati urutan keempat dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia setelah India, Cina dan Amerika serikat.

Adapun faktor terjadinya diabetes. Klik disini.
Lanjut baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar